Saturday 31 August 2013

es krim di china




     
Es krim merupakan salah satu peninggalan sejarah negeri China yang cukup lama. Lebih dari 3000 tahun lalu keluarga-keluarga di Cina telah mampu membuat jus manis yang dicampur dengan salju atau es. Yang memperkenalkan es krim dengan bentuk seperti saat ini adalah Kaisar Tang.
Masakan di masa pemerintahan Kaisar Tang betul-betul dibuat menjadi masakan kelas dunia. Para juru masak terbaik dari seluruh Cina dikumpulkan, lalu mereka diberikan tingkat keahlian. Ketika disajikan es yang diambil dari salju yang turun, kaisar tidak segera menyantap begitu saja es yang tersedia. Dia meminta agar es dicampur dengan susu sapi, tepung, dan sedikit kapur barus. Adonan ini diaduk hingga membentuk krim. Mulailah dikenal dikalangan istanan es krim, yaitu es yang berupa adonan beberapa bahan.
Satu abad kemudian, petualang asal Italia, Marcopolo(1254-1324), kembali dari perlawatannya ke Timur Jauh. Ia membawa resep pembuatan es krim yang disaksikannya di daratan Cina. Dimulai dari talia, Marcopolo kemudian memperkenalkan hidangan manis ini ke seluruh daratan Eropa dan Amerika. Itulah sejarah es krim yang mula-mula berasal dari negeri Cina yang sangat terkenal sampai sekarang.....

No comments:

Post a Comment