Thursday 12 September 2013

sejarah Es krim




 
Es krim mulai dikenal di daratan Amerika pada tahun 1774, ketika seorang pengusaha katering  New York memasang iklan di harian New York Post yang menyatakan bahwa dia baru kembali dari london dan menawarkan berbagai hidangan manis, termasuk es krim. Es krim semakin terkenal ketika istri Presiden AS James Madison, Dolley Madison menyajikan aneka rasa dan hidangan es krim dalam sebuah acara di White House pada tahun 1813.
Kemajuan pertama dalam pembuatan es krim sebenarnya disumbangkan oleh seorang wanita asal New Jersey, Nancy Johnson, yang memperkenalkan termos jinjing es krim pertama pada tahun 1846. Pada saai itu es selalu tersedia di gudang-gudang besar sehingga es krim bisa dinikmati oleh semua kalangan bukan hanya orang kaya saja.
Es krim mulai diperjual belikan oleh Jacob Fussell dari Baltimore, Maryland pada tahun 1851 dengan mendirikan pabrik es krim pertama di dunia. Oleh karena itu, Fussell kini dikenal sebagai bapak industri es krim Amerika Serikat. Sebenarnya hal ini berawal dari dari bisnis produk olahan susu Fussell yang kelebihan krim dan dia tidak bisa menemukan bagaimana cara mengatasinya. Kemudian dia mencoba untuk membuat es dari krim ini yang kemudian semakin berkembang  dan ternyata menjadi bisnis utamanya.
Selanjutnya, ketika ditemukan mesin pendingin pada tahun 1890, es krim kian terkenal dan mulai dijual di jalan-jalan kota New York dan San Fransisco.  Sekitar tahun 1926, ditemukan freezer sehingg es krim bisa diproduksi secara massal seperti sekarang.

No comments:

Post a Comment