Friday 6 September 2013

Es Krim Inggris





                                                              
Di Inggris, eskrim konon bermula dari zaman Raja Charles I (1600-1649). Ketika itu, sang raja akan mengadakan perjamuan makan mewah untuk kerabat dan teman-teman dekatnya. Jamuan hari itu terdiri atas makanan yang sangat lezat, tetapi untuk pencuci mulutnya belum juga datang. Setelah bekerja keras, de Mirco, sang juru masak asal Prancis muncul dengan membawa hidangan makanan penutup ke atas meja jamuan. Ia menyajikan hidangan penutup yang berupa makanan dingin dan mirip salju yang baru turun serta lebih manis dari yanng pernah ada. Tamu saat itu merasa gembira dan setuju bahwa hidangan penutup ini adalah hidangan yang terbaik.
Mendapati isyarat demikian, wajah Raja Charles I kelihatan berseri-seri dan pada saat para tamunya bubar, Raja Charles I kemudian memanggil juru masak Prancisnya dan memerintahkannya untuk menyimpan resep rahasia kerajaan dan ti dak membocorkannya. Charles I juga menginginkan agar makanan tersebut hanya dihidangkan di atas meja kerajaan. Sebagai imbalannya, raja menawarkan sejumlah uang 500 Poundsterling setahun kepada juru masaknya.
Rahasia tersebut masih dijaga dann disimpan oleh sang juru masak, namun pada saat kepala Charles I dipenggal oleh musuh politiknya pada tahun 1649, rahasia es krim tersebut hanyalah tingga rahasia saja. Juru masak De Mirco tidak menepati janjinya sebagaimana yang diminta oeh Raja Charles I tersebut bocor dan tersebar kemana mana, hingga saat itu setiap bangsawan di Inggris mengatur hidangannya sendiri dengan es krim.

No comments:

Post a Comment